tipe2 cat di modelling: acrylic, enamel, laquer, ama cellullose..
tingkat reaktifitas:
1.enamel (jarang liat.. contoh paling gampangnya kutek) paling reaktif!! enamel ngga bisa dilapisin sama laquer otomotif krn permukaannya ngga punya pori2 yg cukup gede, ditambah cat enamel itu oil-based jd laquer ngga bisa nempel..sama dgn cat tipe lainnya.. (banyak yg ngaku berhasil ngecat cat lain diatas enamel, tapi trbukti hasilnya ngga akan lama krn bakal muncul retak2, ke-kope, kering, n penyakit lainnya deh) enamel punya sifat aneh, keringnya super lama (paling lama dari antara sekian banyak tipe cat), dan kalo lapisannya ngga sama tebel, bisa brarti bagian yg punya lapisan lebih tipis kering duluan, trus baru yg lapisan tebel.. nah diantara lapisan yg tebel ama tipis itu, rentan ama cracking... jd msti bner bner ada pengalaman baru disarankan pake... di otomotif sih ngga exist yg namanya pake enamel sbagai primer... soalnya enamel umumnya dipake segaian lapisan paling atas, diatas cat tipe apapun.. (btw, perhatiin deh kuku cw2 yg pada hobi pake kutek enamel.. kukunya rata2 pada rusak n ngga sehat! ya krn enamel itu trmasuk cat yg paling 'jahat')
kalo buat detail2 kecil, ke banget.. kalo buat bodi mobil, ngga banget...
2.akrilik (Tamiya AS, n termasuk juga poster color).. bahan dasarnya air! tapi kalo mau diencerin, paling bagus pake air yg dicampur sabun sedikit... paling ngga reaktif sama skali... bisa dicat diatas cat tipe apapun... bagus buat detail kecil2.. tp ngga exist yg namanya ngecat akrilik di permukaan yg luas bisa bagus.. sama skali ngga mungkin deh... boleh dicoba...
3.automotive laquer (nippe, etc) (org indo biasa sebutnya cat 'duko') ini juga reaktif banget... coba aja celupin sendok plastik ke sekaleng cat mobil... liad apa jadinya... keringnya agak lama (btul2 mengeras bisa sminggu), tapi kalo udah kering n cara pakenya bener,hasilnya bisa WUIH KEREN.. tapi susah di poles krn keras banget..
bagus bwt prmukaan luas, n ngga disarankan buat airbrushing gambar2 soalnya bakal ada keliatan bekas garis2 residu..
lain sama
plastic laquer (tamiya TS, Mr.hobby spray, krylon, duplicolor,etc etc) .. sifatnya lebih 'down to earth' n user friendly alias gampang digunain ngga gitu reaktif... kecuali kalo pake clear laquer diatas waterslide decal...
pokonya Tamiya punya TS spray paint PALING MANTAP LAH
4.cellulose.. paling jarang digunain.. apalagi di dunia gundam... nyaris ngga pernah denger.... cellulose ada diantara enamel sama laquer.. thinnernya khusus! msti pake cellulose thinner... paling mahal, paling susah dipakenya, tapi dlm hal modelling, cellulose paling bisa ngasih hasil yg amat sangatt memuaskan krn keringnya ngga tralu lama, trus keringnya keras, tp ga trlalu susah dipoles, n mengkilapnya bner2 keren..ky ada deep, wet look, n paling realistik.....
jadi intinya, cat laquer itu bisa dicat dibawah/sebelum enamel ato akrilik, dan enamel bisa ditimpa akrilik diatasnya.. tapi kalo sebaliknya, secara kimia dan logika yg didasarkan pengetahuan kimia tsb, amat sangat ngga mungkin banget... artinya enamel ngga bisa dipake sebagai basecoat, terus ditimpa laquer.. dan enamel atopun laquer ngga bisa di cat diatas akrilik!
jadi yg paling bener itu, (fakta, bukan cuma sekedar menurut gueh yg didasarkan pngalaman..) paling bawah itu, laquer, cellulose, baru diatasnya enamel, baru diatasnya akrilik(ngga bisa sebaliknya!!) terus kalo mau pake clear, clear mengkilap yg paling bagus itu pake 2parts polyurethane..(2parts itu, 1 cat compound clear sebenernya, 1 lagi itu hardener..ky dempul san polac gitu lah)(cari di spesialis toko cat otomotif, kalo pake, DIHARAP pake masker n di ruangan trbuka krn residunya bner2 beracun)
pokonya singkat kata, enamel sebagai base paint itu adalah.... absurd~
smoga bisa dimengerti deh...hehe
cheers^^v
tingkat reaktifitas:
1.enamel (jarang liat.. contoh paling gampangnya kutek) paling reaktif!! enamel ngga bisa dilapisin sama laquer otomotif krn permukaannya ngga punya pori2 yg cukup gede, ditambah cat enamel itu oil-based jd laquer ngga bisa nempel..sama dgn cat tipe lainnya.. (banyak yg ngaku berhasil ngecat cat lain diatas enamel, tapi trbukti hasilnya ngga akan lama krn bakal muncul retak2, ke-kope, kering, n penyakit lainnya deh) enamel punya sifat aneh, keringnya super lama (paling lama dari antara sekian banyak tipe cat), dan kalo lapisannya ngga sama tebel, bisa brarti bagian yg punya lapisan lebih tipis kering duluan, trus baru yg lapisan tebel.. nah diantara lapisan yg tebel ama tipis itu, rentan ama cracking... jd msti bner bner ada pengalaman baru disarankan pake... di otomotif sih ngga exist yg namanya pake enamel sbagai primer... soalnya enamel umumnya dipake segaian lapisan paling atas, diatas cat tipe apapun.. (btw, perhatiin deh kuku cw2 yg pada hobi pake kutek enamel.. kukunya rata2 pada rusak n ngga sehat! ya krn enamel itu trmasuk cat yg paling 'jahat')
kalo buat detail2 kecil, ke banget.. kalo buat bodi mobil, ngga banget...
2.akrilik (Tamiya AS, n termasuk juga poster color).. bahan dasarnya air! tapi kalo mau diencerin, paling bagus pake air yg dicampur sabun sedikit... paling ngga reaktif sama skali... bisa dicat diatas cat tipe apapun... bagus buat detail kecil2.. tp ngga exist yg namanya ngecat akrilik di permukaan yg luas bisa bagus.. sama skali ngga mungkin deh... boleh dicoba...
3.automotive laquer (nippe, etc) (org indo biasa sebutnya cat 'duko') ini juga reaktif banget... coba aja celupin sendok plastik ke sekaleng cat mobil... liad apa jadinya... keringnya agak lama (btul2 mengeras bisa sminggu), tapi kalo udah kering n cara pakenya bener,hasilnya bisa WUIH KEREN.. tapi susah di poles krn keras banget..
bagus bwt prmukaan luas, n ngga disarankan buat airbrushing gambar2 soalnya bakal ada keliatan bekas garis2 residu..
lain sama
plastic laquer (tamiya TS, Mr.hobby spray, krylon, duplicolor,etc etc) .. sifatnya lebih 'down to earth' n user friendly alias gampang digunain ngga gitu reaktif... kecuali kalo pake clear laquer diatas waterslide decal...
pokonya Tamiya punya TS spray paint PALING MANTAP LAH
4.cellulose.. paling jarang digunain.. apalagi di dunia gundam... nyaris ngga pernah denger.... cellulose ada diantara enamel sama laquer.. thinnernya khusus! msti pake cellulose thinner... paling mahal, paling susah dipakenya, tapi dlm hal modelling, cellulose paling bisa ngasih hasil yg amat sangatt memuaskan krn keringnya ngga tralu lama, trus keringnya keras, tp ga trlalu susah dipoles, n mengkilapnya bner2 keren..ky ada deep, wet look, n paling realistik.....
jadi intinya, cat laquer itu bisa dicat dibawah/sebelum enamel ato akrilik, dan enamel bisa ditimpa akrilik diatasnya.. tapi kalo sebaliknya, secara kimia dan logika yg didasarkan pengetahuan kimia tsb, amat sangat ngga mungkin banget... artinya enamel ngga bisa dipake sebagai basecoat, terus ditimpa laquer.. dan enamel atopun laquer ngga bisa di cat diatas akrilik!
jadi yg paling bener itu, (fakta, bukan cuma sekedar menurut gueh yg didasarkan pngalaman..) paling bawah itu, laquer, cellulose, baru diatasnya enamel, baru diatasnya akrilik(ngga bisa sebaliknya!!) terus kalo mau pake clear, clear mengkilap yg paling bagus itu pake 2parts polyurethane..(2parts itu, 1 cat compound clear sebenernya, 1 lagi itu hardener..ky dempul san polac gitu lah)(cari di spesialis toko cat otomotif, kalo pake, DIHARAP pake masker n di ruangan trbuka krn residunya bner2 beracun)
pokonya singkat kata, enamel sebagai base paint itu adalah.... absurd~
smoga bisa dimengerti deh...hehe
cheers^^v