Jumat, 02 April 2010

Gunpla Mokit & Diorama

Sejak umur 12 tahun, saya sangat menyukai rakit - merakit. Mulai dari kecil suka merakit Tamiya 4 WD, Kemudian sekitar 3 tahun yang lalu, saya memulai hobi baru yang sudah lama saya inginkan. Gundam Model Kit. Pertama kali saya melihat model kit ini sejak duduk di bangku SMA. Tetapi baru bisa mengoleksi sejak 3 tahun yang lalu. Model kit adalah miniatur dari suatu bentuk, yang pada umunya perakitan dan pengecatan dikerjakan sendiri. Model kit sendiri sangat beragam, ada yang berbentuk pesawat terbang, kereta api, mobil, sepeda motor dll. Alasan saya menyukai ini karena selain kita merakit sendiri. Pengecatan juga dilakukan sendiri, sehingga dapat menciptakan karya sendiri dengan warna sesuai keinginan kita.

Model kit gundam adalah miniatur sebuah bentuk robot gundam yang ukurannya diperkecil dan terbuat dari plastik. model kit terdiri dari rangka – rangka yang belum dirakit, dan memiliki warna dan skala yang bervariasi. Model kit ini sudah popular semenjak tahun 1980. Gunpla atau “gundam plastic model kit”, diproduksi oleh perusahaan Jepang “Bandai”. Gunpla semakin populer pada tahun 1990, setelah serial TV dan Videonya beredar di amerika dan eropa.

Ini Contohnya :














Jenis – Jenis Gunpla
1. SD Gundam (Super Deformed) 400-1000 yen
SD Gundam adalah Gunpla yang berskala kecil. Bentuknya mayoritas tidak normal, ukuran kepala lebih besar dari ukuran badannya atau biasa disebut dengan bobble head. SD Gundam terdiri dari 3 rangkai dengan 3 sampai 4 warna yang berbeda. Untuk warna detail yang lain menggunakan stiker.
2. 1:144 FG (First Grade) 600-1500 yen
Adalah Gunpla yang berskala 1:144, ukurannya normal. First grade yang dimaksudkan di sini adalah, kualitas plastik dan warna belum detail. Hanya terdapat 3 warna rangkaian dan 7 titik sendi pergerakannya. Agar lebih detail, dalam pewarnaan menggunakan cat, marker pen atau stiker.
3. 1:144 HG (High Grade) 1200-2500 yen
Adalah Gunpla berskala 1:144, tetapi berbeda dengan First grade. High grade lebih detail dari first grade. Rangkaiannya lebih banyak, warna yang ditawarkan lebih banyak dan detail. Rangkaiannya bisa mencapai 5 rangkaian, dengan 5 sampai 8 warna berbeda. Sendi pergerakannya sampai dengan 16 titik.
4. 1:100 No Grade 1800-3500 yen
Gunpla yang berskala 1:100, dalam segi detail kit ini hampir sama dengan 1:144 high grade. Hanya saja skalanya lebih besar. Rangkaiannya mencapai 15 rangkai dengan 11 warna berbeda dan 20 titik persendian.
5. 1:100 Master Grade 2800-10.000 yen
Adalah Gunpla berskala 1:100 yang sudah lebih detail dibandingkan skala sebelumnya. Rangkaiannya pun lebih banyak, sehingga membutuhkan waktu lebih untuk dapat merakitnya. Rangkaian master grade dapat mencapai 20 rangkai dengan warna yang sudah lengkap seperti di buku manualnya. Sehingga tidak perlu pengecatan yang serius.
6. 1:60 Perfect Grade diatas 10.000 yen
Perfect Grade adalah gunpla yang berskala 1:60, kit ini paling besar diantara yang lain. Rangkaiannya lebih banyak diantara skala yang lain, dan memakai rangka metal yang disusun dengan sistematis dalam titik persendiannya kemudian memakai baut dan suspensi. Kit ini juga lebih detail, karena dibagian mata gundam menggunakan lampu LED, biasanya di kit skala yang lain menggunakan stiker atau pen marker. Dalam perakitannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama, karena dibutuhkan ketelitian.

Diorama
Diorama adalah gambaran setting tempat tentang suatu kejadian bernilai sejarah atau tidak, yang disajikan dalam skala kecil atau biasa disebut miniatur. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara maket dan diorama. Maket adalah suatu bentuk perwujudan 4 dimensi dari sebuah design architect yang mana maket tersebut untuk membantu bentuk hasil akhir dari sebuah gambar architecture. Maket tersebut dibuat dari bahan2 khusus seperti acrylick haimpack, kayu balsa dan bahan penunjang lainnya. Untuk finishing digunakan cat duco, dan painting brush. Dibandingkan dengan maket, perbedaan diorama terletak pada bentuk materialnya yang lebih detail. Misalnya seperti pembuatan pohon miniatur menggunakan batang kecil pohon asli. Sehingga terlihat lebih hidup dibandingkan dengan maket.

Bahan dan alat – alat
Gundam
- Tang kecil
- Pinset
- Pen marker
- Pen knife
- Isolatip kertas
- Spray can atau air brush compressor
Diorama
- Styrofoam
- Kertas karton
- Lem Styrofoam
- Kabel
- Grass mat
- Amplas
- kapas