Jumat, 09 April 2010

Gashapon

Kata gashapon berasal dari suara yang keluar ketika kita mengoperasikan mesinnya, gasha-gasha, dan pon!(pong!) ketika paket mainan ini jatuh. Berukuran kecil namun berkualitas tinggi dikemas dalam plastik bulat. Sebagian besar tersusun dari PVC berkualitas tinggi, hasil dari banyak detail cetakan dan teknik pengecatan yang sangat teliti.
Untuk mendapatkannya kita harus memasukkan koin dengan nilai tertentu pada mesin penjual khusus di Jepang.


Bandai, Yujin, dan K&M adalah produsen yang amat popular membuat jenis ini di Jepang. Gashapon umumnya dijual dalam pecahan koin 200(seri HG dan HGIF Bandai & seri SR Yujin) dan 100 Yen (biasanya untuk versi Super Deformed). Bandai bahkan memiliki seri HGEX yang dijual dengan harga 300 yen yang dikemas dalam kotak kecil serupa dengan shokugan atau candy toy prize.


Gashapon umumnya berdasarkan pada karakter-karakter popular lisensi dari manga, anime, serial tv, filem, video games dan ikon popular Jepang lainnya.
Terkadang gashapon membuat sejumlah orang frustasi terutama bila ingin melengkapi seri koleksinya, dikarenakan mendapatkan mainan pada mesin gashapon adalah “blind purchase”, bisa jadi kita mendapatkan mainan yang sama berulang-ulang.
Tetapi jangan kuatir kita bisa membeli gashapon dalam satu set lengkap tanpa harus gambling dengan mesin gashapon, walau dengan harga yang lebih tinggi tentunya.
Hobi mengkoleksi gashapon banyak dilakukan oleh banyak orang dewasa di Jepang dan tren ini sudah mewabah ke negara barat dan juga sampai ke Indonesia seiring pengaruh popular culture anime dan manga.